TUTORIAL MEMBUAT APLIKASI "SENANG MENGERJAKAN PR"

Aplikasi "Senang Mengerjakan PR" merupakan aplikasi yang digunakan sebagai sarana belajar siswa. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk membuat sarana belajar yang menarik. Siswa dapat belajar sembari bermain game, sehingga sebagai guru kita dapat menvariasikan soal-soal PR lebih bervariatif lagi. Lantas bagaimana cara agar kita dapat membuat aplikasi tersebut?

Sebelum membaca lebih lanjut, jangan lupa instal aplikasi "Senang Mengerjakan PR" terlebih dahulu.

Berikut merupakan tahapan dalam pembuatan aplikasi "Senang Mengerjakan PR"
1. Membuat Storyboard
2. Menyiapkan bahan-bahan
3. Proses Desain
4. Pembuatan aplikasi
5. Programing
6. Uji coba dan eksport aplikasi

Berikut penjelasannya:

1. Membuat Storyboard
Storyboard adalah suatu gambar yang telah disusun dengan urutan. Adanya penggunaan storyboard, seseorang dapat lebih mudah menyampaikan ide dari gagasan pencipta.



2. Menyiapkan bahan-bahan
Dalam pembuatan aplikasi Senang Mengerjakan PR, bahan yang diperlukan antara lain menentukan materi, menganalisis materi, membuat soal, menyiapkan Ebook dan mencari gambar-gambar yang diperlukan.

3. Proses Desain
    A. Desain Icon dan menu review
         Aplikasi desain yang digunakan adalah Canva, untuk mengakses Canva dapat melalui website ataupun mendownload melalui Playstore. Simpan baik-baik desainnya untuk dimasukkan ke dalam Kodular.io. Untuk desain icon simpan ke dalam format jpg/png sedangkan untuk ringkasan reviewnya disimpan ke dalam format pdf lalu disimpan di google drive dan jangan lupa untuk menyalin link google drive tersebut untuk dimasukkan ke dalam kodular.io.

Adapaun tutorial lengkap mengenai Canva dapat dipelajari melalui video di bawah ini:




Sedangkan, agar bisa masuk di website Canva dapat diakses melalui link dibawah ini:


B. Desain soal/Game
         Dalam penyajian soal agar dapat disajikan berupa game, kita memerlukan Wordwall yang dapat diakses melalui google dan browser lainnya. Wordwall ini menyajikan berbagai template game sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Apabila game yang sudah kita persiapkan sudah jadi, maka kita salin link tersebut untuk dimasukkan ke dalam Kodular.io.

Berikut merupakan website yang wordwall yang dapat kita akses untuk membuat game:
Sedangkan informasi lengkap mengenai wordwall bisa dicermati melalui video di bawah ini:



4. Pembuatan Aplikasi
Pada proses ini kita memerlukan sebuah website yang bernama Kodular.io. Website ini adalah alat yang digunakan dalam pembuatan aplikasi. Kita dapat mencarinya melalui google ataupun browser lainnya. Adapun tampilan dari Kodular.io sebagai berikut:


Untuk memulai pembuatan aplikasi klik start, lalu kita akan dibawa seperti pada tampilan di bawah ini



Apabila sudah pada tahap ini, klik create project seperti pada gambar di atas. Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mengimport desain yang telah dilakukan adalah membuat projek baru di kodular. Ini adalah tahap awal dalam pembuatan aplikasi, setelah itu kita harus memasukkan nama aplikasi seperti gambar di bawah ini.





Berilah nama aplikasi sesuai dengan rencanamu, untuk kolom di bawahnya dibiarkan saja. Lajut klik finish. Selanjutnya, kita akan diarahkan pada projek kosong dan tinggal memasukkan desain dan asset-aset yang sudah dipersiapkan.


Pada gambar di bawah merupakan desain tampilan awal yang telah dibuat. Selanjutnya, agar tombol star tersebut dapat berfungsi hal pertama yang harus dilakukan adalah membuaat screen 2 untuk menu utamanya dan memberikan coding pada tombol tersebut.


5. Programing


Agar menu-menu dalam aplikasi ini dapat berfungsi sesuai semestinya, menu sudah disiapkan webview yang terhubung dengan google drive, wordwall, dan whatsapp. Selanjutnya setelah semua bahan sudah dimasukkan kita tinggal memasukkan coding agar semua tombol dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Pemrograman/Coding dalam kodular digunakan untuk memberikan perintah bagi setiap tombol agar dapat bekerja sebagaimana mestinya. Coding yang digunakan pada kodular ini berupa blok programing.

Berikut merupakan programing pada aplikasi Senang Mengerjakan PR:
A. Tampilan Awal



Tampilan gambar di atas merupakan tampilan awal, adapun untuk coding yang digunakan dalam menu ini ada pada gambar di bawah ini. Pada gambar di bawah, dapat dijelaskan bahwa ketika button 1 ditekan, maka player 1 akan berfungsi dan akan membuka layar ke dua yaitu menu utama.


B. Tampilan menu utama



Pada tampilan ini, coding yang digunakan adalah untuk memerintahkan tombol-tombol ebook, review, game 1-4, konsultasi dan petunjuk penggunaan.


6. Uji Coba dan Eksport Aplikasi

Ini adalah tahap akhir dalam pembuatan aplikasi di kodular.io. Sebelum mengeksport aplikasi pastikan semua suda sesuai dengan rencana. Untuk mengeksport aplikasi ini klik menu eksport seperti pada gambar di bawah, lalu pilih format apk. Apabila ingin mengupload aplikasi ini ke google play store maka pilih format aab, sedangkan jika ingin langsung menguji coba pilih format apk.

Klik download dan tunggu prosesnya selesai.



Informasi lebih lanjut mengenai kodular.io dapat dipelajari melalui video di bawah ini:

Part 1


Part 2


Part 3



Tambahan:
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan aplikasi ini:
1. Menginstal tanpa melalui playstore



2. Mengupload aplikasi melalui playstore




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teras kos dekat Pak RT

Rumah dan kehangatannya